PERSEPSI PASIEN TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI PERAWAT DI RUMAH SAKIT ISLAM MALANG (Suatu Studi pada Pasien Rawat Inap Kelas II dan III di Rumah Sakit Islam Malang)

Main Author: RAMADHANI, MAYA
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/18921/
Daftar Isi:
  • Komunikasi merupakan suatu proses dalam perawatan untuk menjalankan dan menciptakan hubungan antara perawat dengan klien. Perilaku merupakan perwujudan dari adanya kebutuhan. Perawat memegang peranan penting, tingkah laku, gerak-gerik perawat selalu dinilai oleh masyarakat. Pasien dan keluarganya baik secara langsung maupun tidak langsung akan melakukan pengamatan terhadap perilaku komunikasi perawat pada saat proses keperawatan berlangsung.Dan dalam proses pengamatan tersebut senantiasa melibatkan persepsi. Persepsi atau tanggapan adalah proses mental yang terjadi pada diri manusia yang akan menunjukkan bagaimana kita melihat, mendengar, merasakan, memberi, serta meraba (indera kerja) di sekitar kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pasien terhadap perilaku komunikasi perawat di Rumah Sakit Islam Malang. Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah pasien rawat inap kelas II dan III di Rumah Sakit Islam Malang. Purposive sample adalah 23 orang. Variabel adalah persepsi pasien terhadap perilaku komunikasi perawat. Data dikumpulkan dengan menggunakan questioner. Setelah itu data dianalisis dengan menggunakan prosentase. Hasilnya menunjukkan kriteria hasil baik (4,4%) dan kriteria hasil cukup baik (95,6%) sehingga didapatkan kategori persepsi positif (100%). Hal ini perlu diperhatikan bagi perawat dalam meningkatkan ketrampilan komunikasi sehingga mencapai perilaku caring. Untuk penelitian selanjutnya menggunakan sampel yang lebih luas lagi dan alat yang lebih baik agar mendapatkan hasil yang lebih akurat.