PELATIHAN PERAN DOSEN SEBAGAI STUDENT ASSESMENT DAN KURIKULUM EVALUATOR FK-UMM

Main Author: Fakultas, Kedokteran
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/17211/1/doc.pdf
http://eprints.umm.ac.id/17211/
Daftar Isi:
  • Kemampuan untuk menilai kompetensi mahasiswa merupakan salah satu tugas penting bagi dosen. Mapstone dalam makalah “the twelve role of teacher” (1996) mengatakan bahwa dosen yang baik harus mengetahui bagaimana melakukan penilaian terhadap pembelajaran siswanya dengan benar. Hal ini menunjukkan pentingnya peran dosen sebagai student assessor untuk menilai hasil pembelajaran mahasiswa dengan baik sehingga dapat dijadikan referensi untuk melakukan berbagai perbaikan atas kekurangan proses pembelajaran. Masih dalam makalah yang sama dikatakan dikatakan bahwa kemampuan menilai merupakan peran yang penting dan berbeda dari hanya sekedar mengajar. Maka dari itu seorang dosen bisa menjadi dosen yang baik ('expert teacher') namun belum tentu menjadi penilai yang baik ('expert examiner'). Dalam pelaksanaan KBK yang menuntut banyak instrumen penilaian, sangat diperlukan staf pengajar yang memahami pengetahuan tentang masalah penilaian hasil kerja mahasiswa. Tugas utama dari seorang student assessor adalah memperbaiki sistem ujian serta berbagai kegiatan dalam proses PBL, yang secara lebih detail melakukan hal-hal sebagai berikut : menyediakan panduan pemilihan instrumen bahan ujian, membuat prosedur dan standar penilaian, sehingga dapat disimpulkan, secara umum peran ini bertujuan untuk melakukan penilaian akademik terhadap mahasiswa terkait dengan segala kegiatan akademik mereka. Standar penilaian tersebut berlaku baik untuk penilaian summatif maupun formatif.