PENERAPAN METODE POLAMATIKA DALAM PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT POSITIF
Main Author: | KUSTIANINGSIH, EFFA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/15366/ |
Daftar Isi:
- Polamatika adalah cara berhitung cepat dan mudah dengan menggunakan pola bilangan. Untuk belajar polamatika diperlikan alat bantu yang dinamakan kolom polamatika. Dengan metode polamatika ini siswa akan lebih mudah dan efektif dalam belajar perkalian dan pembagian karena metode polamatika ini menggunakan pola bilangan yang tidak lagi menggunakan "cara simpan" (seperti yang selama ini digunakan pada teknik perkalian bersusun). Sedangkan pada pembagian cuma ada satu pola bilangan untuk penyelesaiannya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 4 Batu dengan tujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, hasil belajar, dan respon siswa. Jenis penelitiannya bersifat deskriptif, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.data yang diambil adalah data keterlaksanaan pembelajaran perkalian dan pembagian dengan metode polamatika diperoleh dari hasil pengamatan selama pembelajaran berlangsung, hasil belajar yang digunakan untuk melihat pencapaian hasil belajar siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian dengan metode polamatika, dan hasil angket yang memuat respon siswa terhadap pembelajaran metode polamatika. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran dengan metode polamatika adalah baik dan berdampak positif bagi siswa. Hal ini sesuai dengan aktivitas guru dan siswa yang beruntun dari awal hingga akhir pembelajaran sesuai dengan indikator yang diberikan. Hasil belajar siswa menunjukkan dari 25 siswa yang mengikuti tes akhir 19 siswa yang dinyatakan tuntas, 6 siswa tidak tuntas, sehingga ketuntasan klasikal yang diperoleh 76%. Hasil angket menunjukkan respon siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian dengan metode polamatika dikatagorika sangat baik, hal ini dapat dilihat dari prosentase siswa yang mendukung yaitu 85,2%. Pembelajaran dengan metode polamatika ini dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di kelas karena dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam belajar matematika.