Segmentasi Konsumen Dan Strategi Pemasaran Aneka Produk Olahan Ubi Jalar Di Terminal Agribisnis Bakpao Telo S.P.A.T. Purwodadi‐Pasuruan
Main Author: | Kiswandi, Toni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/15047/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Terminal Agribisnis Bakpao Telo S.P.A.T. Purwodadi-Pasuruan, yang terletak 1.5 km sebelah timur dari pasar lawang, Penentuan segmentasi menurut golongannya. Tujuan penelitian adalah: a.Siapakah segmen potensial aneka produk olahan ubi jalar (telo) di Terminal Agribisnis Bakpao Telo S.P.A.T. Purwodadi-Pasuruan. Di lihat dari segmen demografi (usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, pekerjaan), segmen geografi (alamat asal dan transportasi yang digunakan) dan segmen psikografi (status). b.Untuk mengetahui persepsi konsumen tentang produk bakpao telo di Terminal Agribisnis Bakpao Telo S.P.A.T. Purwodadi-Pasuruan. c.Untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, kesempatan (peluang), dan hambatan (ancaman) terhadap perkembangan produksi dan penjualan aneka produk olahan ubi jalar yang dihadapi oleh Terminal Agribisnis Bakpao Telo S.P.A.T. Purwodadi-Pasuruan dalam memasarkan produknya. d.Untuk mengetahui strategi pemasaran aneka produk olahan ubi jalar di Terminal Agribisnis Bakpao Telo S.P.A.T. Purwodadi-Pasuruan berdasarkan hasil analisis SWOT. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling yaitu metode pengambilan sample secara kebetulan, dengan melakukan kuisioner atau interview terhadap konsumen yang membeli produk Terminal Agribisnis Bakpao Telo S.P.A.T.. Jumlah sample yang diambil adalah sebesar 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Alternatif yang digunakan dalam strategi pemasaran ini yaitu matrik SWOT kuantitatif. Setelah perencanaan strategi pemasaran perlu adanya bauran pemasaran yang dapat mencapai tujuan pemasaran bagi perusahaan Terminal Agribisnis Bakpao Telo S.P.A.T. Purwodadi-Pasuruan. Bauran pemasaran tersebut terdiri dari produk, rasa, harga, penyajian, kemasan, lokasi, fasilitas, keamanan, kenyamanan, kebersihan, desain, keramahan, pelayanan, ketepatan, transportasi, dan informasi/ promosi.