PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE IMAGE SEBAGAI VARIABEL MODERTING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BEI)
Main Author: | NINGRUM, RIZKI RETNA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/14828/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris : (1) pengaruh pengungkapan CSR terhadap profitabilitas perusahaan (2) pengaruh corporate image dalam hubungan antara pengungkapan CSR terhadap profitabilitas perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2009-2011. Dari 126 perusahaan yang dipilih berdasarkan purposive sampling, diperoleh 34 perusahaan yang memenuhi kriteria. Metode analisis data penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana untuk pengujian hipotesis 1 serta regresi linear berganda dengan Moderated Regression Analysis untuk pengujian hipotesis 2. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan regresis linear sederhana dapat disimpulkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap profitabilitas perusahaan dengan nilai t hitung 2,580 dan signifikansi 0,011. Sedangkan corporate image sebagai pemoderasi tidak dapat mempengaruhi hubungan antara pengungkapan CSR dengan profitabilitas perusahaan yaitu dengan nilai f hitung 2,588 dan signifikansi 0,057.