PENGARUH PRAKTIK PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORTING TERHADAP FIRM VALUE PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA
Main Author: | Vandi, Aldro |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/14562/ |
Daftar Isi:
- Era globalisai yng terjadi menyebabkan adanya perubahan paradigma di bidang bisnis. Paradigma Single P (proit) dirasa tidak menjamin keberlanjutan nilai perusahaan sehingga tercipta paradigma bisnis Triple P (profit, people, planet). Hal ini mendorong perusahaan-perusahaan untuk melaksanakan aktivitas yang berbasis three bottom line yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan yang tercermin dalam laporan yang disebut laporan keberlanjutan (Sustainability Reporting). Penelitian yang berjudul Pengaruh Praktik Pengungkapan Sustainability Reporting Terhadap Firm Value Perusahaan Publik Di Indonesia ini bertujuan untuk mendiskripsikan perkembangan praktik pengungkapan Sustainability Reporting di Indonesia dan juga untuk menguji pengaruh terhadap nilai peusahaan. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diproksikan oleh price book value dan price earning ratio. Sampel dalam penelitian ini yaitu perusahaan yang tergabung dalam 50 Biggest Market Capitalization dengan berbagai pertimbangan sehingga diperoleh sampel sebanyak 18 perusahaan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik content analysis untuk membuktikan tujuan penelitian pertama dan menggunakan alat uji Partial Least Square untuk membuktikn tujuan penelitian kedua. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa praktik pengungkapan Sustainability Reporting di Indonesia dalam kurun waktu 2007-2009 masih bisa dikatakan belum baik meskipun prosentase pengungkapannya meningkat tiap tahun. Hal ini dikarenakan prosentase pengungkapan pada tahun 2007 hanya sebesar 15,75 % dan 2008 sebesar 24,66%. Pengungkapan Sustainability Reporting juga belum menyeluruh, banyak indikator yang belum diungkapkan. Penelitian ini juga membuktikan adanya pengaruh yang bersifat negatif antara praktik Sustainability Reporting terhadap Firm Value.