PENGARUH PENERBITAN OBLIGASI SYARIAH (SUKUK) PERUSAHAAN TERHADAP REAKSI PASAR
Main Author: | Adenala, U. M. Noor |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/14518/ |
Daftar Isi:
- Mengacu pada kondisi pasar dalam negeri Indonesia, industri perbankan dan keuangan syariah tumbuh dengan pesat. Menurut data Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia 2009, sepanjang 2008 dan 2009 pemerintah telah menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebanyak 4 kali dengan total akumulatif mencapai Rp 19,8 triliun. Awal tahun 2009 pemerintah menerbitkan Obligasi syariah (sukuk) ritel seri SR-001 dan obligasi syariah (sukuk) global SNI 14. Untuk penerbitan obligasi syariah (sukuk) global sebesar 650 juta US dolar mengalami over subscribed hingga 7 kali lipatnya atau 4,7 miliar US dolar. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti secara empirik mengenai pengaruh penerbitan obligasi syariah (sukuk) terhadap reaksi pasar (Weigted Average Price). Dalam penelitian ini terdapat 30 sampel yang dijadikan tolak ukur penelitian. Jenis penelitian ini adlah event study yang merupakan study dalam melihat reaksi pasar terhadap suatu peristiwa (event) yang diinformasinya dipublikasikan sebagai suatu pengunguman. Teknik pengumpulan data dalam penelitin ini adalah menggunakan data sekunder, dan data yang digunakan penelitian ini adalah kupon obligasi syariah dan rating obligasi syariah. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda terhadap 30 sampel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel independen kupon obligasi syariah berpengaruh terhadap variabel dependen sedangkan variabel independen rating obligasi syariah tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan nilai variabel independen yang dikatakan relatif kecil yaitu 42,5% dibandingkan dengan pengaruh faktor lainnya yaitu 57,5%.