Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Pajak Reklame Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pasuruan

Main Author: Alan, Indra Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/14501/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas, kontribusi dan laju pertumbuhan pajak reklame di Kabupaten Pasuruan. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam tahapan analisis data, langkah-langkah yang dilakukan adalah : (1) menganalisis efektivitas pajak reklame, (2) menganalisis kontribusi pajak reklame terhadap PAD, (3) menganalisis laju pertumbuhan pajak reklame. Berdasarkan penelitian selama tahun 2010-2012 penerimaan pajak reklame Kabupaten Pasuruan sudah efektif, diperoleh efektivitas penerimaan pajak reklame dengan rata-rata 109,22 %, untuk kontribusi mengalami penurunan pada tahun 2010 sebesar 1,2 %, 2011 sebesar 1,06 % dan tahun 2012 sebesar 1,04% disebabkan adanya pos pajak baru yaitu pos PBB-P2. Sedangkan laju pertumbuhan pajak reklame fluktuatif pada tahun 2010 sebesar 4,13 %, tahun 2011 sebesar 37,43 % dan tahun 2012 sebesar 22,6 %, tetapi untuk penerimaan realisasi anggaran mengalami peningkatan.