Pengaruh Bauran Promosi, Denda (Ta’widh), dan Transparansi Akad Produk Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Pembiayaan Murabahah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang
Main Author: | Andreas, Susanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/14500/ |
Daftar Isi:
- Peluang bank syariah di Indonesia dalam pengembangan usaha semakin terbuka lebar, hal ini dikarenakan semakin digemarinya produk-produk bank syariah dalam beberapa tahun terakhir. Melihat penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam tentunya ini akan menjadi ladang bagi bank syariah di Indonesia. Dalam mewujudkan hal tersebut banyak faktor yang harus dipertimbangkan guna mencapai hasil maksimal. Penelitian ini mengenai faktor yang mempengaruhi nasabah dalam mengambil keputusan menggunakan produk bank syariah khususnya murabahah di Bank Muamalat Indonesia cabang Malang. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh bauran promosi, denda (ta’widh), dan transparansi akad produk terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan murabahah pada Bank Muamalat Indonesia cabang Malang tahun 2014. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 responden yang berasal dari kuesioner yang disebarkan pada nasabah Bank Muamalat Indonesia cabang Malang. Analisis yang dilakukan berdasarkan pada hasil jawaban dalam kuesioner dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel bauran promosi dan transparansi akad produk memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan murabahah dengan nilai signifikansi masing-masing 0,004 dan 0,04. Sedangkan variabel denda (ta’widh) tidak berpengaruh dengan nilai signifikansi 0,074. Untuk hasil uji statistik secara simultan menunjukkan variabel bauran promosi, denda (ta’widh), dan transparansi akad produk berpengaruh terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan murabahah dengan signifikansi 0,033.