PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN ROKOK HF. PRIMA MALANG

Main Author: Muta, Zaenal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/13119/1/t.pdf
http://eprints.umm.ac.id/13119/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian terapan (applied research) pada Perusahaan Rokok HF. PRIMA Di Malang dengan judul ”Perencanaan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Rokok HF. PRIMA Malang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rencana strategi pemasaran yng sesuai pada Perusahaan Rokok HF. PRIMA Malang. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui rencana strategi apa yang bisa dijalankan oleh perusahaan rokok HF. PRIMA di Malang dengan menggunakan alat analisis SWOT melalui dua pendekatan yaitu ETOP (Environment Threat and Opportunity Profile) yang merupakan analisis profil ancaman dan peluang perusahaan yang dapat digunakan untuk mengetahui peluang serta ancaman bagi perusahaan. Sedangkan SAP (Strategic Advantage Profile) yaitu merupakan profil keunggulan strategi yang dapat digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan. Hasil analisis dengan menggunakan ETOP dan SAP, diketahui faktor-faktor usaha yaitu faktor eksternal yang terdiri dari peluang dan ancaman, begitu juga faktor lingkungan internal yang dapat menjadi kekuatan maupun kelemahan perusahaan. Faktor lingkungan Eksternal yang merupakan peluang perusahaan adalah pendapatan perkapita masyarakat, jumlah penduduk, umur, UU No.5 Tahun 1984 tentang perindustrian. Untuk perizinannya ditegaskan pada SK Menteri No.590 Tahun 1999, dan perkembangan teknologi. Sedangkan faktor eksternal yang menjadi ancaman bagi perusahaan adalah pertumbuhan ekonomi yang menurun, kenaikan tingkat inflasi, KMK No.43/PMK 04/2005 kebijakan tersebut di ambil terutama untuk mengoptimalkan penerimaan cukai dan persaingan. Sedangkan faktor Internal yang menjadi kelemahan perusahaan adalah jenis produk dan iklan. Berdasarkan alat analisis ETOP dan SAP dari faktor lingkungan eksternal dan faktor lingkungan internal, bahwa strategi yang bisa diterapkan di perusahaan rokok HF. PRIMA di Malang adalah strategi perluasan pasar dengan tujuan mendapatkan pasar atau kelompok konsumen baru melalui promosi yang lebih gencar, perbaikan produk yang ada atau menambah jenis produk baru sehingga mampu melakukan persaingan dengan pesaingnya. Dengan strategi ini diharapkan dapat memperluas jangkauan wilayah pemasarannya dan juga memenuhi kebutuhan konsumen.