STRATEGI PEMASARAN PADA UD. TAHU 3S PRIMA BATU

Main Author: SETYADI, ARI NURLITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/12905/1/STRATEGI%20PEMASARAN%20PADA%20UD.%20TAHU%203S%20PRIMA%20BATU.pdf
http://eprints.umm.ac.id/12905/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan survey yaitu penelitian yang dilakukan langsung mendatangi dan melihat objek yang diteliti, sehingga penelitian dilakukan untuk melihat secara langsung permasalahan yang dihadapi UD. Tahu 3S Prima. Judul yang diambil adalah “Strategi Pemasaran Pada UD. Tahu 3S Prima Batu Malang”, yang mempunyai tujuan untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat pada UD. Tahu 3S Prima. Kegiatan usaha yang dilakukan pada dasarnya untuk mencapai suatu tujuan, baik tujuan jangka pendek atau tujuan jangka panjang. Keberhasilan pencapian tujuan perusahaan terkait erat dengan ketepatan penentuan rencana strategi yang digunakan, kemudian juga pemimpin UD. Tahu 3S Prima tidak sekedar memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam saja tetapi juga harus memberi perhatian terhadap lingkungan sekitar yang dapat menjadi ancaman dan kelemahan perusahaan yang dipimpin. Seperti halnya UD. Tahu 3S Prima yang bergerak dalam bidang industri makanan yaitu tahu goreng dan tahu mentah yang bertujuan untuk mengimplementasi strategi pemasaran yang tepat, agar perusahaan tetap bertahan pada pemimpin pasar, semakin eksis dipasaran dan dapat memasarkan produknya sampai luar kota bahkan luar jawa. Alasan dari pemilihan UD. Tahu 3S Prima karena UD. Tahu 3S Prima merupakan perusahaan tahu terbesar di kota Batu dengan jumlah produksi pada tahun 2006 28.500 buah tahu goreng dan 3000 buah tahu mentah perhari, jauh lebih banyak dari pada perusahaan tahu yang lain. Volume penjualan maksimal sesuai hasil produksi yang dihasilkan sehingga tidak ada tahu mentah dan tahu goreng yang tersisa dalam satu kali produksi. Kegiatan yang telah dilakukan oleh UD. Tahu 3S Prima secara keseluruhan baik, meskipun masih ada kekurangan yang tentunya harus dibenahi melalui perencanaan strategis yang harus didukung oleh rencana pelaksaaan yang akan mempermudah perusahaan dalam melaksanakan kegiatan untuk tahu selanjutnya sehingga tujuan yang diinginkan perusahaan tercapai. Berdasarkan analisis lingkungan, EFAS dan IFAS maka dapat diperoleh bahwa UD. Tahu 3S Prima mempunyai kelemahan yaitu saluran distribusi yang masih kurang efektif, dan ancaman bagi perusahaan yaitu pesaing yang berada disekitar. Sebagai pemimpin pasar UD. Tahu 3S Prima harus mengembangkan pasar secara keseluruhan dan mempertahankan serta memperluas pangsa pasar agar kedudukan sebagai pemimipin pasar tetap dipegang UD. Tahu 3S Prima