WUJUD TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR Study pada bagian Public Relations Perusahaan VICO Indonesia Muara Badak Kalimantan Timur
Main Author: | Normadina, Normadina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/12878/1/WUJUD_TANGGUNG_JAWAB_SOSIAL_PERUSAHAAN_TERHADAPMASYARAKAT_SEKITARStudy_pada_bagian_Public_Relations_Perusahaan_VICO_Indonesia_Muara_BadakKalimantan_Timur.pdf http://eprints.umm.ac.id/12878/ |
Daftar Isi:
- Pada era globalisasi ini perkembangan dan kemajuan perusahaan industri semakin banyak berdiri ditengah-tengah masyarakat. Beberapa perusahaan terus menunjukkan kualitas, inovasi-inovasi dan juga kepedulian perusahaan terhadap lingkungan disekitar. Faktor lingkungan mempunyai pengaruh yang sangat penting bagi perkembangan perusahaan, baik dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan. Kepedulian perusahaan atau instansi-instansi terhadap komunitas dan lingkungan merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan perusahaan untuk dapat ditertima oleh masyarakat. Berdasarkan hal-hal ini Humas atau Public Relations sebagai wakil dari perusahaan dapat mengerti, memahami, memperhatikan dan kemudian bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan masyarakat tersebut. Dan ini merupakan salah satu tanggung jawab sosial dan tujuan perusahaan dalam pengembangan masyarakat yang bersangkutan. Dalam konteks Humas atau Public Relations manfaat keberadaan perusahaan bagi masyarakat dapat dilihat dari bagaimana Humas perusahaan tersebut berusaha untuk mengarahkan sikap dan tanggung jawab sosial terhadap publik, sehingga akan timbul adanya tanggapan positif dari masyarakat. Untuk itu suatu organisasi harus memelihara hubungan yang baik dengan publik diluar organisasi, meliputi hubungan dengan masyarakat sekeliling, jawatan-jawatan pemerintah, dan kelompok diluar organisasi. Usaha yang dilakukan oleh Public Relations atau Humas adalah menciptakan suatu pengertian, sikap dan tanggapan yang lebih baik terhadap keberadaan perusahaan sekitar masyarakat. Dan dalam konteks public relations, tanggung jawab sosial perusahaan itu diimplementasikan dalam program dan kegiatan Community Relations. Bisa juga dinyatakan Community Relations merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (Iriantara, 2004:47).