ANALISIS HUBUNGAN SIKAP KONSUMEN DAN NORMA SOSIAL TERHADAP MAKSUD PEMBELIAN ULANG PASTA GIGI CLOSE UP (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)

Main Author: MUALLIFIN, ARIF
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/12737/1/ANALISIS_HUBUNGAN_SIKAP_KONSUMEN_DAN_NORMA_SOSIAL_TERHADAP_MAKSUD_PEMBELIAN_ULANG_PASTA_GIGI_CLOSEUP.pdf
http://eprints.umm.ac.id/12737/
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul “Analisis Hubungan Sikap Konsumen Dan Norma Sosial Terhadap Maksud Pembelian Ulang Pasta Gigi Closeup”, merupakan jenis penelitian deskriptif, yang dilakukan pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana respon pasar terhadap keberadaan pasta gigi Closeup, ditinjau dari sisi sikap konsumen yang terdiri dari evaluasi dan keyakinan serta dari sisi norma sosial yang terdiri dari keyakinan normatif dan motivasi. Tujuan lainnya adalah untuk melakukan estimasi mengenai hubungan antara sikap dan norma sosial terhadap maksud pembelian ulang yang dirumuskan dalam sebuah hipotesis. Dalam hipotesis ini penulis mengasumsikan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap konsumen dan norma sosial terhadap maksud pembelian ulang, artinya baik sikap maupun norma sosial apabila nilainya semakin tinggi atau positif, maka semakin besar peluang produk itu untuk dipilih kembali. Model Multriatribut Fishbein merupakan alat analisis yang digunakan untuk mengetahui sikap konsumen terhadap pasta gigi Closeup, sedangkan untuk mengetahui norma sosial digunakan indeks , kemudian untuk melakukan uji hipotesis penulis menggunakan metode non parametik korelasi kendal tau ( ) yang bekerja dengan data ordinal. Perhitungan secara kuantitatif untuk sikap didapatkan bahwa sebagian besar konsumen mempunyai sikap yang terletak pada interval (2) “baik”. Hal ini mengindikasikan bahwa konsumen mempunyai sikap yang positif terhadap pasta gigi Closeup. Kemudian atribut memutihkan gigi merupakan atribut paling besar prosentasenya yaitu sebesar 48%, artinya disini bahwa konsumen dapat menemukan bahwa Closeup mampu untuk memutihkan gigi. Perhitungan secara kuantitatif untuk norma sosial didapatkan nilai norma sosial berada pada interval (2) “mungkin”, hal ini mengindikasikan bahwa norma sosial mempunyai potensi untuk mempengaruhi konsumen dalam maksud pembelian ulang pasta gigi Closeup. Dilihat dari hasil prosentase didapatkan bahwa teman sebaya mempunyai potensi lebih besar daripada anggota keluarga dan tenaga penjual, yaitu sebesar 52%. Hasil dari uji hipotesis didapatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sikap konsumen dan norma sosial terhadap maksud pembelian ulang, karena z hitung (2,16) > z tabel (1,96), maka Ho ditolak dan Ha diterima, selain itu juga melalui perhitungan SPSS didapat nilai signifikan yaitu 0,040 berada dibawah nilai z yaitu sebesar 5%.