ANALISIS KALKULASI HARGA POKOK PRODUKSI PADA PT. PESONA REMAJA MALANG

Main Author: MEITHA, WIBI HARFIYAH NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/12704/1/ANALISIS_KALKULASI_HARGA_POKOK_PRODUKSIPADA_PT.pdf
http://eprints.umm.ac.id/12704/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan studi kasus pada Tekstil dengan judul “ANALISIS KALKULASI HARGA POKOK PRODUKSI PADA PT. PESONA REMAJA MALANG”. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk menelaah harga pokok produksi pada PT. Chemical Industry Tonggorejo di Pandaan Dalam penelitian ini penulis membatasi permasalahan hal-hal penentuan Harga Pokok Produk pada PT. Pesona Remaja di Malang ,dengan data tahun 2003, dan tahun 2004. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis deskriptif dilakukan untuk menguraikan aspek-aspek fenomena atau karakteristik variabel atau obyek yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami karakteristik obyek yang diteliti yaitu tentang analisa kalkulasi harga pokok produksi pada PT. Pesona Remaja di Malang.. Adapun tahap-tahap dalam analisis deskriptif ini meliputi : Mengidentifikasi biaya perbagian/seksi, Menghitung ekuivalen produksi, Menghitung biaya satuan atau unit cost, Menjumlahkan harga pokok produksi, dan Menyusun laporan harga pokok produksi. Hasil perhitungan yang diperoleh pada perhitungan Harga Pokok produksi periode 2003 untuk biaya overhead pabrik menurut perusahaan Rp. 710.619.450. tetapi setelah dihitung dengan pengalokasian secara tepat berdasarkan prosentase servicenya, ternyata biaya overhead pabrik yang seharusnya dibebankan ke biaya produksi tidak langsung adalah Rp. 602.498.205,55. Pada periode 2004 biaya overhead pabrik sebesar Rp. 621.800.050,21 yang tepat adalah Rp . 734.592.410. Yang pembebanannya berdasarkan prosentase masing-masing bagian yang menikmati servicenya. Dari hasil analisis terbukti bahwa hasil pengalokasian Biaya Overhead Pabrik secara tepat berdasarkan prosentase servicenya Harga Pokok produk yang dihasilkan lebih kecil dari hasil perhitungan perusahaan Berdasarkan kesimpulan di atas penulis dapat mengimplikasikan perusahaan hendaknya menerapkan kalkulasi harga pokok produksi dengan menerapkan alokasi biaya berdasarkan service yang dinikmati tiap-tiap seksi, karena dengan adanya informasi harga pokok produksi yang akurat dapat membantu pihak manajemen menetapkan strategi pemasaran yang baik.