Pembelajaran Matematika dengan Media Komputer Materi Bangun Datar Kelas v di sekolah Dasar Muhammadiyah 08 Dau Malang
Main Author: | Suprapti, Suprapti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/12186/1/Pembelajaran_Matematika_dengan_Media_Komputer_Materi_Bangun_Datar_Kelas_v_di_sekolah_Dasar_Muhammadiyah_08_Dau_Malang.pdf http://eprints.umm.ac.id/12186/ |
Daftar Isi:
- Pelajaran Matematika Pada Kenyataanya sering dibenci dan ditakuti oleh siswa. sedangkan matematika merupakan pelajaran yang paling mendasari dalam berbagai bidang ilmu. Dalam beberapa penelitian, komputer merupakan media yang cocok digunakan untuk meningkatkan perhatian dan konsentrasi, meningkatkan motivasi belajar, dan membuat pengalaman belajar lebih menyenangkan. Dengan adanya rasa senang pada diri siswa pada media yang digunakan akan dapat menghilangkan rasa jenuh dan bosan terhadap materi yang diajarkan sehingga dapat menimbulkan semangat belajar yang tinggi pada diri siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa jika menggunakan media komputer dan melihat pengaruh pembelajaran dengan media komputer terhadap prestasi belajar matematika siswa. rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif. sedang objek yang digunakan adalah siswa kelas V sekolah dasar 08 DAU yang berjumlah 32 siswa. adapun istrumen yang digunakan adalah angket validasi media, angket motivasi belajar siswa dan tes akhir. Hasil penelitian yang berupa angket selanjutnya dianalisis dengan menggunakan interval tinggi, sedang atau rendah. hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa cenderung tinggi jika belajar dengan media komputer. Untuk prestasi belajar dianalisis dengan menggunakan uji satu pihak (pihak kanan). hasil analisis menunjukkan 0,05 maka hasil belajar matematika siswabahwa taraf signifikan 0,03 yang diberi perlakuan belajar dengan menggunakan media komputer lebih baik dari siswa yang belajar tidak menggunakan media komputer.