FREKWENSI KEMUNCULAN PESAN KEAGAMAAN DALAM FILM INDONESIA Analisis Isi pada Film Kiamat Sudah Dekat Karya Dedy Mizwar
Main Author: | TIARANI, RELYA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/12082/1/FREKWENSI_KEMUNCULAN_PESAN_KEAGAMAANDALAM_FILM_INDONESIA_Analisis_Isi_pada_Film_Kiamat_Sudah_Dekat_Karya_Dedy_Mizwar.pdf http://eprints.umm.ac.id/12082/ |
Daftar Isi:
- Keywords: Pesan Keagamaan, Film, Analisis Isi Film Kiamat Sudah Dekat yang bermuatan pesan keagamaan dan di kemas dengan humor-humor yang menyegarkan membawa nuansa dan warna baru pada perfilman Indonesia yang sampai saat ini masih di ramaikan oleh tema-tema misteri dan percintaan. Fenomena tersebut merangsang minat peneliti untuk mengetahui lebih mendalam tentang pesan keagamaan yang di munculkan melalui akting dan dialog dari para pemainnya. Selain sebagai bahan referensi, hasil dari penelitian ini di harapkan juga bisa di gunakan sebagai masukan untuk para penikmat film dalam menangkap pesan yang termuat dalam film yang mereka tonton. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi, karena metode ini di rasa sangat tepat untuk mengetahui seberapa besar frekwensi kemunculan pesan keagamaan pada film tersebut. Data di peroleh melalui observasi dengan cara melihat langsung, mengamati dan menelaah dokumen untuk mendapatkan gambaran tentang pesan keagamaan yang ada dalam film tersebut. Adapun dokumen yang di gunakan adalah versi VCD dari film Kiamat Sudah Dekat dan naskah yang di kirimkan oleh pihak rumah produksi yang membuat film karya Dedy Mizwar tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film Kiamat Sudah Dekat, pesan keagamaan yang di munculkan melalui akting sebanyak 45 scene (40.15 %) dari total 112 scene yang ada dan hal ini lebih kecil dari pada pesan keagamaan yang di munculkan melalui dialog-dialog para pemainnya yang berjumlah sekitar 35 scene (31.24 %) dari total 112 scene yang ada dalam film Kiamat Sudah Dekat. Durasi pesan keagamaan muncul sebanyak 3372 detik atau sebesar 52.8 % dari total jumlah durasi 6386 detik. Hal ini menunjukkan bahwa durasi pesan keagamaan yang muncul sedikit lebih banyak di bandingkan durasi pesan non keagamaan