PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK SAMPOERNA A MILD (Studi Pada Konsumen diKelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)
Main Author: | Tri Wahyuni, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/11997/1/PENGARUH_FAKTOR_PRIBADI_DAN_PSIKOLOGI_TERHADAP_KEPUTUSAN_PEMBELIAN_ROKOK_SAMPOERNA_A_MILD.pdf http://eprints.umm.ac.id/11997/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengenai perilaku konsumen yang tergolong dalam penelitian survey dengan judul “Pengaruh Faktor Pribadi Dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Sampoerna A Mild ( Studi Pada Konsumen di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang )”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Faktor Pribadi dan Psikologi mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. 2) Diantara faktor pribadi dan psikologi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Alat Analisis yang digunakan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild adalah dengan menggunakan alat Analisa Faktor dan Analisa Regresi Berganda. Pengujian terhadap hipotesis menggunakan Uji F dan Uji T yang berguna untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil analisa faktor diperoleh hasil analisis dengan menggunakan analisis faktor diperoleh kesimpulan bahwa dari 8 variabel pendukung dengan mempergunakan analisis faktor direduksi menjadi 2 faktor inti. Faktor pertama (X1 = pribadi) dengan nilai eigen sebesar 3,654 diberi nama faktor pribadi dan yang terdiri dari variabel usia, pekerjaan, pendapatan dan pendidikan yang mampu menjelaskan faktor sebesar 33,101%. Faktor kedua (X2 = psikologi) dengan nilai eigen sebesar 1,584 diberi nama faktor psikologi dan yang terdiri dari variabel motivasi, persepsi, belajar serta kepercayaan dan sikap yang mampu menjelaskan faktor sebesar 32,378%. Berdasarkan persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 3,833 + 0,767X1 + 0,244X2 + e Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dapat diketahui bahwa variabel yang dapat diungkap pada analisis faktor mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild, yang ditunjukkan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel. Sedangkan besarnya pengaruh variabel X1 dan X2 adalah sebesar 55,6%, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi 0,556 sedangkan sisanya sebesar 44,4% adalah pengaruh lain yang tidak dikaji pada penelitian ini. Berdasarkan uji t dapat diketahui bahwa dari kedua variabel bebas tersebut memiliki pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil r2 parsial maka r2 (X1) variabel pribadi lebih berpengaruh daripada r2 variabel lain.