HUBUNGAN ANTARA MINAT SISWA TERHADAP MATEMATIKA DENGAN KEINGINAN UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS III SMA DI TULUNGAGUNG
Main Author: | ISTIKOMAH, ISTIKOMAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/11967/1/HUBUNGAN_ANTARA_MINAT_SISWA_TERHADAP_MATEMATIKA_DENGAN_KEINGINAN_UNTUK_MELANJUTKAN_STUDI_KE_PERGURUAN_TINGGI_SISWA_KELAS_III_SMA_DI_TULUNGAGUNG.pdf http://eprints.umm.ac.id/11967/ |
Daftar Isi:
- Untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi haruslah ditempuh melalui suatu jenjang pendidikan yaitu perguruan tinggi. Matematika mempunyai peranan yang sangat besar dan menentukan dalam peningkatan kualitas kehidupan dan karir seseorang pada khususnya dansumberdaya manusia pada umumnya, sehingga sangatlah penting untuk menanamkan minat terhadap matematika. Di dalam penelitian ini ingin mengetahui bagaimana minat siswa terhadap matematika, bagaimana keinginan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan adakah hubungan yang signifilan antara minat siswa terhadap matematika dengan keinginan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas III SMA di Tulungagung, dengan mengajukan hipotesis sebagai berikut : Ada hubungan antara minat siswa terhadap matematika dengan keinginan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas III SMA di Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SMA Negeri dan Swasta di Tulungagung tahun ajaran 2005-2006. Karena besarnya jumlah populasi, maka sampel yang diambil dari populasi sebanyak 237 siswa yang terdiri dari siswa jurusan IPA dari sekolah yang memiliki kualitas tinggi, sedang dan rendah. Untuk mengetahui bagaimana minat siswa terhadap matematika dan bagaimana keinginan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi digunakan teknik analisis statistik deskriptif, dan untuk mengetahui hubungann antara minat siswa terhadap matematika dengan keinginan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi di gunakan teknik analisis uji Chi-Square (Chi-Kuadrat). Sedangkan untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh digunakan rumus koefisien kontingensi. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa untuk minat siswa terhadap matematika yang berkategori rendah lebih banyak dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat tinggi, begitu juga keinginan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang berkategori rendah lebih banyak dibandingkan dengan siswa yang memiliki keinginan tinggi dan untuk hubungan antara minat siswa terhadap matematika dengan keinginan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi diperoleh nilai = 44,499, jadi hipotesis H ditolak berari ada hubungan yang signifikan antara minat siswa terhadap matematika dengan keinginan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan taraf signifikan 5%. Adapun besar koefisien kontingensi diperoleh nilai C = 0,398, sedangkan nilai C = 0,816, maka selisih dari C dan C diperoleh nilai 0,418. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat hubungan antara minat siswa terhadap matematika dengan keingina untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi adalah sedang.