PENGARUH VARIASI PUTARAN MESIN DAN POSISI VACUUM TUBE TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA HONDA SUPRA DENGAN KOMPOSISI BAHAN BAKAR BENSIN 80% DAN ETANOL 20%

Main Author: WIJAYANTO, SUGENG
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/11548/1/PENGARUH_VARIASI_PUTARAN_MESIN_DAN_POSISI_VACUUM_TUBE_TERHADAP_KONSUMSI_BAHAN_BAKAR_DAN_EMISI_GAS_BUANG_PADA_HONDA_SUPRA_DENGAN_KOMPOSISI_BAHAN_BAKAR_BENSIN_80.pdf
http://eprints.umm.ac.id/11548/
Daftar Isi:
  • Bahan bakar fosil adalah salah satu sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Selain itu penggunaan bahan bakar fosil juga menghasilkan polusi yang membahayakan bagi kesehatan. Oleh sebab itu diperlukan bahan bakar lain yang lebih ekonomis dan lebih ramah terhadap lingkungan. Etanol merupakan salah satu bahan bakar yang dapat digunakan seluruhnya maupun ditambahkan pada bensin yang dapat menaikkan nilai oktan tanpa menimbulkan polusi yang membahayakan. Penelitian ini nantinya diharapkan mampu memberikan alternatif bahan bakar lain yang tidak menimbulkan polutan yang membahayakan manusia dan mudah didapat. Vacuum tube adalah suatu system yang berbentuk tabung yang diletakkan pada intake manifold diantara karburator dan silinder, disebut juga dengan akumulator yang berfungsi untuk membantu memperkecil transien-transien tekanan dalam system cairan, vacuum tube juga berfungsi sebagai penampung campuran bahan bakar dan udara sisa hasil pembakaran yang tidak terbakar serta penyuplai udara pada saat campuran bahan bakar kekurangan udara. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan cara membandingkan konsumsi bahan bakar (SFC) dan emisi gas buang (CO, O2, CO2) pada motor bensin empat langkah standart dengan variasi posisi pemasangan Vacuum Tube adalah 15o, 30o, 45o, 60o, 75o memakai vacuum tube type posh dengan komposisi bahan bakar bensin 80% dan etanol 20%.