STUDI TENTANG KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU

Main Author: HIDAYAH, HIDAYAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/11408/1/STUDI_TENTANG_KESALAHAN_PEMAHAMAN_KONSEP_PADA_MATERI_BANGUN_DATAR_KELAS_VII_SMP_MUHAMMADIYAH_06_DAU.pdf
http://eprints.umm.ac.id/11408/
Daftar Isi:
  • Konsep-konsep dalam matematika dapat dianggap hampir semuanya merupakan konsep-konsep abstrak yang cendrung siswa sulit untuk dapat memahami dengan baik, sehingga diperlukan adanya gambaran atau penjelasan yang kongkrit. Karena hal tersebut diatas tidak sedikit siswa mengalami kesulitan-kesulitan yang memungkinkan terjadi kesalahan konsep dalam memahami konsep-konsep matematika. Kesalahan konsep dapat diartikan jika seorang siswa dalam memahami suatu konsep matematika menyimpang atau bertentangan dengan konsep para matematikawan. Kita mengetahui pada tingkan SMP terdapat materi bangun datar, dalam materi ini banyak konsep-konsep abstrak seperti konsep memahami definisi dari setiap bangun datar, konsep memahami sifat-sifat dari setiap bangun datar, konsep menghitung, konsep prosedur. Dalam hal ini penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu dalam mendefinisikan metodologi kualitatif guna menyajikan dunia sosial, persfektifnya (sudut pandang) di dalam dunia, dari segi konsep, prilaku, persepsi, dan persoalan tentang manusia yang diteliti menurut Jane Richie (dalam Moleong, 2004: 6). Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 06 Dau kelas I (satu) tahun ajaran 2005/2006. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah ter uraian dan wawancara. Selanjutnya dari hasil ter dilanjutkan dengan wawancara, namun dalam hal ini tidak semuas siswa diwawancarai tetapi hanya siswa yang tidak mengalami ketuntasan belajar, yang selanjutnya dari hasil tes dan wawancara diharapkan kita mengetahui kesalahan-kesalahan konsep yang terjadi pada siswa pada materi bangun datar.