ANALISIS BIAYA PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. CARAKA PURNAMA ABADI PASURUAN

Main Author: HERMAWAN, MUKHAMMAD FAISAL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/11397/1/ANALISIS_BIAYA_PEMASARAN_UNTUK_MENINGKATKANVOLUME_PENJUALAN_PADA_PT.pdf
http://eprints.umm.ac.id/11397/
Daftar Isi:
  • Pemasaran adalah mempertemukan produk perusahaan dengan pasar untuk memuaskan kebutuhan pelanggan dan menghasilkan laba yang layak bagi perusahaan. Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan memasarkan barang atau jasa adalah: (1) Jenis rancangan, warna, ukuran dan pengepakan produk, (2) Harga jual, (3) Iklan dan promosi yang diperlukan, dan (4) Saluran distribusi yang akan dilakukan. Biaya pemasaran seringkali dibatasi, artinya sebagai biaya penjualan, yaitu biaya yang dikeluarkan untuk menjual dan membawa produk ke pasar. Dalam arti sesungguhnya biaya pemasaran meliputi semua biaya yang terjadi sejak saat produk selesai diproduksi dan disimpan dalam bentuk uang Ditinjau dari kegiatan pemasaran, biaya pemasaran menyangkut semua biaya dalam penyelenggaraan kegiatan pemasaran, antara lain biaya promosi dan advertensi serta biaya penjualan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui serta menganalisa biaya pemasaran terhadap perubahan volume penjualan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa biaya pemasaran perusahaan yang terdiri dari biaya promosi dan biaya saluran distribusi kurang dapat menaikkan volume penjualan ini dapat dilihat dari ditingkatkannya biaya pemasaran sebesar 68,9% pada tahun dasar 2000 hanya dapat menaikkan penjualan sebesar 20,5%. Untuk mengetahui lebih jelasnya dapat dilihat pada pembahasan berikut.