ANALISIS PERBEDAAN PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SERBUK CUCI MERK DAIA DAN SURF (Studi Kasus di Kecamatan Campur Darat Kabupaten Tulungagung)

Main Author: GAGUK KURNIAWAN, FIGUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/11181/1/ANALISIS_PERBEDAAN_PERILAKU_KONSUMEN_DALAM_KEPUTUSAN_PEMBELIAN_PRODUK_SERBUK_CUCI__MERK_DAIA_DAN_SURF.pdf
http://eprints.umm.ac.id/11181/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian survey, dimana peneliti melakukan observasi dalam pengumpulan data yang dilakukan i Kecamatan Campur Darat Kabupaten Tulungagung dengan judul “Analisis Perbedaan Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Serbuk Cuci Merk Daia Dan Surf (Studi Kasus Di Kecamatan Campur Darat Kabupaten Tulungagung)” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan variabel-variabel yang dipertimbangkan perilaku konsumen dalam pembelian produk serbuk cuci merk Daia dan Surf di Kecamatan Campur Darat Kabupaten Tulungagung. Untuk mengetahui variabel dominan yang menjadi pertimbangan perilaku konsumen dalam pembelian produk serbuk cuci merk Daia dan Surf di Kecamatan Campur Darat Kabupaten Tulungagung. Adapun kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan, Sebagai bahan masukan dalam rangka melakukan evaluasi terhadap program pemasarannya, sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan perusahaan dalam menentukan kebijaksanaan di masa yang akan datang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan diskriminan. Berdasarkan hasil analisis diskriminan yang telah dilakukan maka dapat diperoleh hasil bahwa tingkat signifikansi sebesar 0,003 (Sig. < 0,05), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antargrup mengenai variabel produk, harga, promosi dan saluran distribusi yang mempengaruhi perbedaan konsumen dalam pembelian produk serbuk cuci merek Daia atau Surf di Kecamatan Campur Darat Kabupaten Tulungagung. Variabel yang mempunyai keeratan yang lebih besar terhadap persamaan diskriminan yang dihasilkan pada penelitian ini adalah varibel harga (X2) yaitu sebesar 0,706. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel harga merupakan variabel yang dominan untuk membedakan konsumen dalam keputusan pembelian produk serbuk cuci merek Daia atau Surf di Kecamatan Campur Darat Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diajukan beberapa saran sebagai berikut: dalam penetapan harga jual produk diharapkan dapat terjangkau oleh konsumen, hal tersebut dikarenakan produk merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari bagi konsumen. Dalam menetapkan harga jual diharapkan untuk tetap memperhatikan atas jaminan kualitas produk yang ditawarkan, mengingat hanya produk berkualitas yang dibutuhkan oleh konsumen dan mampu bersaing dalam pasar baik oleh produk sejenis maupun produk pengganti.