STRATEGI PRODUCT IMPROVEMENT SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI PADA PENGRAJIN KAPAL MINIATUR“ UD. NUSANTARA MINI CRAFT “ MOJOKERTO)

Main Author: Fachrudin, Nanang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/11018/1/STRATEGI_PRODUCT_IMPROVEMENT_SEBAGAI_USAHA_UNTUK_MENINGKATKAN_VOLUME_PENJUALAN.pdf
http://eprints.umm.ac.id/11018/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bersifat diskriptif atau bersifat studi kasus pada perusahaan miniatur kapal “UD. Nusantara Minicraft” Mojokerto dengan judul : strategi product Improvement sebagai usaha meningkatkan volume penjualan (studi pada pengerajin miniatur kapal “UD. Nusantara Minicraft” Mojokerto). Adapun tujuan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi product Inprovement dalam usaha meningkatkan volume penjualan. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan product Improvement terhadap volume penjualan pada perusahaan miniatur kapal UD. Nusantara Minicraft Mojokerto adalah dengan mengunakan analisis IFAS dan EFAS. Analisis tersebut digunakan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan, yang berdasarkan pada kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (threats) yang ada di dalam perusahaan. Hal ini adalah perencanaan strategis yang merupakan proses penyusunan jamgka panjang untuk mencapai tujuan perusahaan melalui strategi pemasaran yang baik. Dari hasil analisis dengan menggunakan analisis EFAS dihasilkan bahwa pada kolom 4 diperoleh nilai sebesar 2,58 yang artinya pengaruh faktor eksternal perusahaan rata-rata atau sedang bila dibandingkan dengan rata-rata pesaing. Sedangkan untuk analisis IFAS pada kolom 4 dihasilkan nilai sebesar 2,54 yang artinya pengaruh faktor internal perusahaan rata-rata atau sedang bila dibandingkan dengan rata-rata pesaing. Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat mengimplementasikan bahwa didalam pelaksanaan product Improvement, sebaiknya perusahaan lebih meningkatkan pelaksanaan modifikasi produk yang lebih baik lagi, khususnya pada perbaikan disain produk, hal ini dimaksudkan agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan, keinginan dan selera konsumen.