HUBUNGAN ANTARA KREDIBILITAS LIPUTAN 6 PETANG SCTV DENGAN MINAT MENYAKSIKAN BERITA(Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik Angkatan 2002 dan 2003 FISIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Main Author: | Yuanasari, Zulaikha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/10636/1/HUBUNGAN_ANTARA_KREDIBILITAS_LIPUTAN_6_PETANG_SCTV_DENGAN_MINAT_MENYAKSIKAN_BERITA.pdf http://eprints.umm.ac.id/10636/ |
Daftar Isi:
- Keywords: Kredibilitas Program Berita, Minat Tidak diragukan lagi bahwa informasi sangat dibutuhkan untuk berbagai kepentingan yang sifatnya mendasar. Karena itu peranannya sangat luar biasa Maka dari itu masyarakat memsbutuhkan informasi dari media massa yang dapat dipercaya. Masyarakat dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang tentunya membutuhkan informasi yang berkualitas dari sebuah media elektronik yang kredibel. Dimana kredibilitas merupakan hal yang dibutuhkan sebuah program berita untuk menarik minat masyarakat untuk menyaksikan berita Seperti halnya Liputan 6 Petang SCTV merupakan program berita televisi yang banyak mendapat prestasi di bidang pemberitaan. Hal ini tidak terlepas dari kualitas yang dimiliki oleh Liputan 6 Petang SCTV dalam menyajikan informasi-informasi yang actual, tajam dan terpercaya sebagai persembahan yang terbaik kepada pemirsanya. Maka dari itu untuk membentuk sebuah image yang baik dimata masyarakat, diperlukan indikator-indikator untuk membentuk sebuah kredibilitas sebuah program berita yaitu five Star Approach to News Writing, dengan akronim ABC-SS. Yaitu Accuracy (akurat), Brevity (Singkat), Clarity (Jelas), Sincerity (Kejujuran), Simplicity (Sederhana). Maka dapat diketahui bahwa kredibilitas suatu tulisan, penulisan naskah bahkan institusi korps kerja pertelevisian ini tergantung informasi yang disajikan dengan memperhatikan hal-hal di atas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa kuat hubungan antara kredibilitas Liputan 6 Petang SCTV dengan minat menyaksikan berita pada mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik angkatan 2002 dan 2003 FISIP UMM. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan kredibilitas Liputan 6 Petang SCTV dengan minat menyaksikan berita. Manfaat penelitian ini Secara akademik, diharapkan mampu memberikan kontribusi, menambah dan memberikan manfaat akademis terhadap perbendaharaan studi komunikasi khususnya Konsentrasi Jurnalistik sebagai ilmu pengetahuan tentang kredibilitas Liputan 6 Petang SCTV dengan minat menyaksikan berita. Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi masyarakat dalam memilih program berita televisi yang aktual dan berkualitas. Metode peneliti ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu menentukan dan melaporkan keadaan yang ada menurut kenyataannya, dengan mengukurnya, serta menggunakan pendekatan survey yaitu pengumpulan informasi secara sistematik dari jumlah individu atau kelompok unit yang ditelaahnya, apakah individu ataupun kelompok Populasinya adalah mahasiswa jurusan ilmu Komunikasi konsentersi Jurnalistik angkatan 2002 dan 2003 FISIP UMM. dengan karakteristik gemar, pernah menyaksikan Liputan 6 Petang SCTV dan telah menempuh mata kuliah jurnalistik elektronik. Jumlah populasi sebanyak 61 mahasiswa. Sampel didapat dengan menggunakan total sampling yaitu sama dengan jumlah populasi sebayak 61 mahasiswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket dan dokumentasi. Analisa datanya mengunakan rumus Pearson Product Moment Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, diperoleh hasil dengan nilai r sebesar 0,615. Dengan menggunakan pedoman interpretasi koefisien korelasi dengan interval koefisien 0,60-0,799 dengan tingkat hubungan yang kuat Jadi kesimpulannya, terdapat tingkat hubungan yang kuat antara kredibilitas Liputan 6 Petang SCTV dengan minat menyaksikan berita pada mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik angkatan 2002 dan 2003 FISIP, UMM.