PERAN TERAPIS DALAM MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTIS (Studi Di Sekolah Autis River Kids Joyo Grand Malang)

Main Author: PUSPITASARI, ROCHIS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/10336/1/PERAN_TERAPIS_DALAM_MENGEMBANGKAN_INTERAKSI_SOSIAL_PADA_ANAK_AUTIS.pdf
http://eprints.umm.ac.id/10336/
Daftar Isi:
  • Anak adalah karunia yang diberikan oleh Tuhan kepada umatnya. Kehadiran anak dalam sebuah keluarga merupakan dambaan setiap keluarga untuk bisa melanjutkan garis keturunan keluarga. Dalam sebuah keluarga, terkadang anak yang dianugerahkan memiliki kebutuhan-kebutuhan khusus seperti autis. Penelitian tentang anak autis ini merupakan studi kasus di sekolah autis “River Kids” Joyo Grand Malang dengan judul “Peran Terapis dalam Mengembangkan Interaksi Sosial pada Anak Auatis (Studi di Sekolah Autis “River Kids” Joyo Grand Malang)”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran terapis dalam memberikan terapi pada anak autis agar dapat berinteraksi sosial. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran bagi penelitian serupa, dan juga dapat memberikan manfaat bagi lembaga untuk lebih meningkatkansarana pendidikan bagi anak-anak autis supaya proses terapi berjalan maksimal sesuai yang diharapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana sebagai pemecahan masalah yang diamati dengan cara menggambarkan dan melukiskan keadaan subyek dan obyek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang didapat dari observasi dan wawancara. Subyek dalam penelitian ini adalah 4 orang terapis yang dipilih berdasarkan tingkat pendidikan, dan masa kerja. Proses analisa data melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penggambaran kesimpulan.