STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA UMM INN

Main Author: QUTNI, JEFRY SHOIF DARUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/10157/1/x.pdf
http://eprints.umm.ac.id/10157/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan studi kasus pada UMM Inn dengan menganbil judul “Evaluasi Strategi pada UMM Inn”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang digunakan oleh UMM Inn. Untuk menyelenggarakan strategi pemasaran perlu diketahui lingkungan internal maupun lingkungan eksternalnya. Dimana analisa lingkungan internal meliputi product, price, place, promotion, people, physical evidence, process, dan customer service. Sedangkan lingkungan eksternal meliputi ekonomi, pemerintah, teknologi, demografi, dan pesaing. Dengan adanya analisis lingkungan ini dapat diketahui mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada pada hotel UMM Inn. Untuk menetapkan strategi yang sesuai bagi perusahaan digunakan matrik SWOT, matrik IFE , dan matrik EFE. Hasil perhitungan untuk IFE terdapat 8 kekuatan factor internal yaitu kelengkapan fasilitas, harga, lokasi, jumlah karyawan, pendidikan karyawan, kemegahan gedung, prosedur mudah, karyawan terampil dan 5 kelemahan yaitu fasilitas kamar sama, jumlah kamar, brosur terbatas, program manual, media promosi terbatas. Sedangkan pada perhitungan EFE terdapat 3 peluang factor eksternal yaitu penurunan laju inflasi, dukungan pemerintah, teknologi dan 1 ancaman yaitu pesaing. Dari hasil analisis diperoleh strategi yang sesuai untuk UMM Inn yaitu strategi penetrasi pasar