Aspek Persepsi Dan Emosi Pada Foto Iklan Layanan Masyarakat “Safety Riding”: Kajian Fotografi Dengan Perspektif Psikologi

Main Author: KINASIH, Afusa Nidya
Format: Bachelors xv, 123 hal.
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Seni Media Rekam , 2017
Subjects:
FT
Online Access: http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33207
Daftar Isi:
  • Kebanyakan kecelakaan yang terjadi dewasa ini dipengaruhi oleh beberapa faktor,yaitu kelalaian pengendara, tidak konsentrasinya pengendara saat berkendara, danmelakukan hal yang tidak wajar saat berkendara. Untuk meminimalkan terjadinyakecelakaan yang menimbulkan korban jiwa yang lebih banyak lagi, salah satulangkah konkret yang dilakukan pihak Kepolisian adalah dengan dibuatnya iklansebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan emosi pemirsa terhadap fotoiklan layanan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif.Adapun sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, untukkemudian dianalisis menggunakan teori kritik seni, persepsi, dan emosi. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa semakin artistik dan semakin menarik fotoyang dibuat, maka pesan yang disampaikan fotografer dapat terbaca dengan jelas.Jenis visual yang yang memperlihatkan dampak langsung akibat kurangnyakesadaran saat berkendara akan membuat responden lebih berhati-hati saatberkendara. Selain itu, ketiga foto yang disajikan dapat menyentuh emosiresponden. Hal ini dapat dikatakan bahwa pesan dan informasi yang dibuat olehfotografer dapat tersampaikan dengan baik.