Model Penemuan Terbimbing dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Main Authors: Zulkarnain, Iskandar, Amalia Sari, Noor
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unlam Banjarmasin , 2016
Online Access: http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/619
http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/619/527
ctrlnum article-619
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Model Penemuan Terbimbing dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP</title><creator>Zulkarnain, Iskandar</creator><creator>Amalia Sari, Noor</creator><description lang="en-US">Pemahaman konsep matematika yang baik sangatlah penting bagi siswa, namun saat ini siswa masih menganggap matematika sebagai pelajaran menghafal rumus tanpa harus tahu konsep sebenarnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah melalui penerapan model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping maupun yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, dan mengetahui respon siswa terhadap model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Banjarmasin yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposivesampling dan random sampling, sehingga diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping dan kelas VIID sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Selain itu, siswa memberikan respon positif terhadap model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping.&#xA0;Kata kunci: model penemuan terbimbing, teknik mind mapping, pembelajaran konvensional, pemahaman konsep</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unlam Banjarmasin</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2016-05-19</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/619</identifier><source lang="en-US">EDU-MAT; Vol 2, No 2 (2014)</source><source>2338 2759</source><language>eng</language><relation>http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/619/527</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2016 EDU-MAT</rights><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by-nd/4.0</rights><recordID>article-619</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Zulkarnain, Iskandar
Amalia Sari, Noor
title Model Penemuan Terbimbing dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP
publisher Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unlam Banjarmasin
publishDate 2016
url http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/619
http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/619/527
contents Pemahaman konsep matematika yang baik sangatlah penting bagi siswa, namun saat ini siswa masih menganggap matematika sebagai pelajaran menghafal rumus tanpa harus tahu konsep sebenarnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah melalui penerapan model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping maupun yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, dan mengetahui respon siswa terhadap model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Banjarmasin yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposivesampling dan random sampling, sehingga diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping dan kelas VIID sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Selain itu, siswa memberikan respon positif terhadap model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping. Kata kunci: model penemuan terbimbing, teknik mind mapping, pembelajaran konvensional, pemahaman konsep
id IOS4015.article-619
institution Universitas Lambung Mangkurat
institution_id 161
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lambung Mangkurat
library_id 298
collection EDU-MAT
repository_id 4015
city KOTA BANJARMASIN
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4015
first_indexed 2017-03-04T07:55:12Z
last_indexed 2017-03-04T07:55:12Z
recordtype dc
_version_ 1718374348258017280
score 17.538404