Implementasi Model Pembelajran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP

Main Authors: Zulkarnain, Iskandar, Kurnia, Kurnia
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unlam Banjarmasin , 2016
Online Access: http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2285
http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2285/2003
Daftar Isi:
  • Salah satu tujuan pembelajaran matematika pada pendidikan menengah adalah agar siswa memiliki kemampuan penalaran matematis. Semakin tinggi tingkat penalaran yang dimiliki siswa, akan lebih memperlacar proses pembelajaran. Namun saat ini permasalahan yang dihadapi adalah siswa masih bergantung kepada apa yang diberikan oleh guru pada saat proses belajar mengajar berlangsung sehingga siswa jarang menggunakan penalaran matematisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dari peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.