ANALISIS PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION BANK SYARIAH Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri di Banjarmasin

Main Authors: Heldalina, Heldalina, Firdaus, Muhammad Riza, Faisal, Ikhwan
Other Authors: Universitas Lambung Mangkurat
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Magister Manajemen , 2021
Subjects:
Online Access: http://jwm.ulm.ac.id/id/index.php/jwm/article/view/167
http://jwm.ulm.ac.id/id/index.php/jwm/article/view/167/307
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis pengaruh variabel kualitas pelayanan (efisiensi fisik, core banking, kenyamanan, kepercayaan diri, kepatuhan dan rasio biaya-manfaat) yang secara simultan mempengaruhi pelanggan s' kepuasan Bank Muamalat dan BSM B anjarmasin cabang, (2) menganalisis pengaruh variabel kualitas pelayanan (efisiensi fisik, core banking, kenyamanan, kepercayaan diri, kepatuhan dan biaya-manfaat) yang parsial ly sebuah ffect pelanggan s' kepuasan o f B ank Muamalat dan BSM B anjarmasin cabang, ( 3) menganalisis e differen tingkat t dari pelanggan s' kepuasan (kepuasan pelanggan) antara Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri (BSM).Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan s Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri Banjarmasin b peternakan dengan suatu dari 100 orang. T ia t echnique digunakan dalam mengambil sampl e itu judgemental sampling . Pengujian validitas kuesioner dilakukan dengan menggunakan Momen Pearson Product, sedangkan uji reliabilitas dari kuesioner digunakan metode Cronbach Alpha. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda dan One-way ANOVA.Based on the results of multiple linear regression analysis it showed that the variables of service quality, that were, corporal efficiency, core banking, convenience, confidence, compliance and cost-benefit ratio simultaneously significantly affected customers’ satisfaction. Partially, only four variables that significantly affected, namely convenience, confidence, compliance and cost-benefit, while the corporal variable efficiency, core banking had no significant effect. Based on the analysis of one-way ANOVA it menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kepuasan antara nasabah Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri .