PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK DI PERGURUAN TINGGI

Main Author: Pratiwi, Erlia Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/651/1/COVER_kedua_R.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/651/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran fisika berbasis sparkol videoscribe pokok bahasan kinematika gerak di perguruan tinggi dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran fisika berbasis sparkol videoscribe pokok bahasan kinematika gerak di perguruan tinggi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall.Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen Universitas Islam Negeri Lampung dan Universitas Muhammadiyah Metro dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, angket respon dosendan angket respon mahasiswa untuk mengetahui ketertarikan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini adalah Menghasilkan produk berupa media pembelajaran fisika berbasis sparkol videoscribe pokok bahasan kinematika gerak di perguruan tinggi; mengetahui kelayakan dari kualitas produkyang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentasi 86,70% berdasarkan penilaian ahli media dan 84,26% oleh ahli materi dalam kategori sangat layak; Respon dosen dengan persentase adalah 93,60% dalam kategori sangat layak dan Respon mahasiswa pada media pembelajaran fisika berbasis sparkol videoscribe pokok bahasan kinematika gerak dengan persentase 96,00% di perguruan tinggi. Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran Fisika,Sparkol Videoscribe, Kinematika Gerak, dan Perguruan Tinggi.