PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENANGKAL RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KOTA BANDAR LAMPUNG
Main Author: | Imam, Syafei |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book eJournal |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/6265/1/Abstrak.docx http://repository.radenintan.ac.id/6265/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Melalui pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam berbasis problem based learning diharapkan semakin meningkatkan pengetahuan agama Islam peserta didik, sehingga maka semakin mudah bagi peserta didik tersebut menangkal radikalisme. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam berbasis problem based learning untuk menangkal radikalisme pada peserta didik? (2) bagaimana efektivitas bahan ajar pendidikan agama Islam berbasis problem based learning untuk menangkal radikalisme pada peserta didik? Sehingga tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar pendidikan agama Islam berbasis problem based learning, sehingga dapat menangkal radikalisme pada peserta didik SMA Negeri di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain research and development, dengan sampel 30 orang peserta didik kelas XII IPS 1 di SMA Negeri 9 Bandar Lampung sebagia kelas eksperimen dan 30 orang peserta didik kelas XII IPS 1 di SMA Negeri 14 Bandar Lampung sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis gain dan independent sample t test. Kesimpulan penelitian adalah (1) terwujudnya pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam berbasis problem based learning untuk menangkal radikalisme pada peserta didik SMA Negeri di Kota Bandar Lampung. (2) adanya perbedaan sikap radikalisme peserta didik yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan bahan ajar pendidikan agama Islam berbasis problem based learning di SMA Negeri di Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: bahan ajar pendidikan agama Islam, problem based learninig, radikalisme