PENGARUH KOMBINASI PEMBELAJARAN MODEL NHT DAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 03CUKUH BALAK KABUPATEN TANGGAMUS
Main Author: | Astuti, Yanti Widi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/609/1/SKRIPSI_LENGKAP.pdf http://repository.radenintan.ac.id/609/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kombinasi pembelajaran NHT dan STAD terhadap hasil belajar fisika peserta didik di Kelas VII SMP Negeri 3 Cukuh Balak Kab. Tanggamus tahun pelajaran 2016-2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas Kelas VII SMP Negeri 3 Cukuh Balak Kab. Tanggamus dengan 160 peserta didik, dengan sampel dari dua kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan kombinasi pembelajaran NHT dan STAD, dan kelas kontrol menggunakan pembelajarnceramah dan tanya jawab. Berdasarkan hasil perhitungan terdapat perbedaan nilai rata-rata (mean) hasil belajar (posttest) antara kombinasi pembelajaran NHT dan STAD dan pembelajaran konvensional yang di dapat oleh peserta didik. Dari perhitungan uji t dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 = ditolak dan Ha = diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada kombinasi pembelajaran NHT dan STAD terhadap hasil belajar Fisika peserta didik. Kata Kunci : NHT & STAD, Hasil Belajar.