PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA Di KELAS IV MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Z, Zurtina
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/566/1/SKRIPSI_LENGKAP_ZURTINA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/566/
Daftar Isi:
  • Pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik. Di MIN 1 0 Ba nd a r Lampu n g , strategi pembelajaran yang digunakan guru IPA masih konvensional. Pembelajaran selama ini berpusat pada guru dan komunikasi berjalan satu arah. Metode ceramah tidak memberi ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan pengetahuannya. Peserta didik pasif dan pembelajaran menjadi membosankan. Sehingga hasil belajar IPA peserta didik kelas IV MIN 1 0 Ba nd a r Lampu n g tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian pada pembelajaran IPA dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi Index Card Match adalah suatu cara pembelajaran aktif untuk meninjau ulang materi pelajaran dengan teknik mencari pasangan kartu indeks yang merupakan jawaban atau soal sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana menyenangkan Salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah penerapan Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas IV MIN Kota Baru Tahun Pelajaran 2016?”. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data sejauh mana penerapan Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV MIN 10 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan siklus berdaur ulang yang terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi dan (d) refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, studi dokumentasi, dan tes pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Presentase ketuntasan juga meningkat. Pada pra penelitian presentase ketuntasan sebesar 37,5%. siklus I sebesar 66,66% dan siklus II sebesar 87,05%. Demekian strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas IV MIN 10 Bandar Lampung. Kata kunci : Hasil Belajar, IPA, pembelajaaran Index Card Match.