EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENGURANGIKECANDUAN GAME ONLINE PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: Handayani, Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/539/1/SKRIPSI_LENGKAP_TRIHANDAYANI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/539/
Daftar Isi:
  • Game sebenarnya dibuat dalam beberapa generasi. Masing-masing generasi memiliki perbedaan teknologi. Namun pada intinya, semakin besar generasinya, semakin canggih teknologinya. game online menyebabkan remaja terasa tertantang sehingga terus- menerus memainkannya, dan menyebabkan remaja tidak memiliki skala prioritas dalam menjalani aktifitas sehari-hari, sikap kurang memiliki selfcontrol yang baik terhadap keterkaitannya terhadap game online. Beberapa penelitian menyebutkan adanya masalah-masalah yang muncul dari aktifitas bermain game online yang berlebihan, diantaranya kurang peduli terhadap kegiatan sosial, kehilangan kontrol atas waktu serta menurunnya prestasi akademik, relasi sosial, finansial, kesehatan, dan fungsi-fungsi kehidupan lain yang penting. Dan salah satu jenis perilaku game online adalah mendapatkan kesenangan saat bermain game online.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik manajemen diri efektif untuk mengurangi perilaku kecanduan game online peserta didik kelas VIII SMPN 11 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan pendekatan Pre Experimental design yaitu one group pretest-posttest. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Sampel pada penelitian ini 31 peserta didik dengan teknik total sampling. Hasil perhitungan rata-rata mean skor kecanduan game online sebelum diberikan treatment adalah 77,60714 dan mean setelah diberikan treatment 51,89286. Dari hasil uji-t dengan df = 30, karena thitung lebih besar dari ttabel (28,653 ≥ 2173), maka (Ho) di tolak dan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi Teknik manajemen diri efektif untuk mengurangi kecanduan game online peserta didik. Kata Kunci: Teknik Manajemen Diri, Kecanduan game online