PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Author: | NOVERIANSYAH, N |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/5074/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf http://repository.radenintan.ac.id/5074/ |
Daftar Isi:
- Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan sesuatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu diluar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minat. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SMP Al- Azhar 3 bandar lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one - group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Al- Azhar 3 Bandar Lampung. Kemudian didapatkan 10 sampel dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk menangani peserta didik tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,angket, dokumentasi berupa foto. Berdasarkan uji Wilcoxon diperoleh Zhitung sebesar -2.812 , nilai ini > Ztable (0.0022)selanjutnya di peroleh nilai Asym sig 0.005 < 0.05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara skor minat belajar setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dengan skor sebelum diberikan layanan.