PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LIFE SKILL TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS BIOLOGI DITINJAU DARI SELF REGULATION PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA 12 BANDAR LAMPUNG

Main Author: NAZMI, N
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/5025/1/NAZMI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/5025/
Daftar Isi:
  • Rendahnya keterampilan generik sains biologi peserta didik dikarenakan proses pembelajaran yang belum mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain faktorial 2x3. Sampel dipilih dengan teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data dengan tes, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Berdasarkan hasil uji analisis dua jalan sel tak sama diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran life skill terhadap keterampilan generik sains biologi sebesar 4,2 (2) Terdapat pengaruh self regulation terhadap keterampilan generik sains biologi sebesar 220,1 (3) Terdapat interaksi antara perlakuan pembelajaran dengan self regulation peserta didik terhadap keterampilan generik sains biologi sebesar 23,39.