PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PDEODE (Predict-Discuss-Explain- Observe-Discuss-Explain) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN MEMBACA ARTIKEL ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 13 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Utami, Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/5004/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/5004/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan membaca artikel ilmiah peserta didik kelas X SMAN 13 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Exsperimen dengan desain penelitian Posttest control grup desain. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling, sampel ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen (X MIPA 1) dan kelas kontrol (X MIPA 3). Strategi pembelajaran PDEODE dilaksanakan pada kelas eksperimen, sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvesional. Teknik pengumpulan data berupa tes multiple choice untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan essay untuk mengetahui kemampuan membaca artikel ilmiah. Uji hipotesis penelitian diantaranya uji normalitas, uji homogenitas dan uji t independent. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Independent t-test Microsoft Excel diperoleh uji hipotesis hasil belajar kognitif dengan hasil thitung > ttabel yaitu 3.902 > 1.999 dan kemampuan membaca artikel ilmiah dengan hasil thitung > ttabel yaitu 3.021 >1.999. Maka dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran PDEODE (Predict- Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan membaca artikel ilmiah peserta didik kelas X SMAN 13 Bandar Lampung.