PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
Main Author: | Suwandika, Rizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/4959/1/SKRIPSI_RIZKY%20SUWANDIKA_NPM%201411050379.pdf http://repository.radenintan.ac.id/4959/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar gamifikasi berbasis inkuiri terbimbing layak dan menarik untuk digunakan peserta didik pada jenjang SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development ) model 4D (Define, Design, Development, dessiminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Uji coba yang dilakukan melalui 2 tahap yaitu tahap small group dan tahap field test. Hasil validasi ahli materi dari 3 validator menunjukkan bahwa secara keseluruhan produk memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6 dan hasil ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,4 dan ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,8. Sementara uji coba tahap small group terdiri dari 9 siswa SMP N 3 Terbanggi Besar memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,2 dengan kriteria menarik dan 9 siswa dari MTs Tri Bakti Al-Ikhlas dengan nilai rata-rata 3,2 dengan kriteria menarik. Sementara hasil uji coba tahap field test dengan jumlah 21 siswa SMP N 3 Terbanggi Besar memperoleh rata-rata sebesar 3,4 dengan kriteria sangat menarik dan MTs Tri Bakti Al-Ikhlas memperoleh nilai sebesar 3,3 dengan kriteria sangat menarik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar gamifikasi berbasis inkuiri terbimbingpada materi SPLDV pada kriteria layak dan menarik.