PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DI MTS ISMARIA AL QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG
Main Author: | RAHAYUNINGSIH, GANIS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/4953/1/Skripsi%20Full.pdf http://repository.radenintan.ac.id/4953/ |
ctrlnum |
4953 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.radenintan.ac.id/4953/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013
DI MTS ISMARIA AL QUR’ANIYYAH
BANDAR LAMPUNG</title><creator>RAHAYUNINGSIH, GANIS</creator><subject>Pendidikan Agama islam</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya penggunaan modul
pembelajaran SKI dan rendahnya minat serta motivasi peserta didik untuk membaca
modul pembelajaran. Hal ini disebabkan karena penyajian modul tidak dikemas
secara menarik dan materi yang disampaiakan kurang mendalam, sehinga peserta
didik tidak tergerak untuk membaca dan mempelajari modul tersebut. Di MTs
Ismaria Al-Qur’aniyah Bandar Lampung sudah terdapat modul dalam pembelajaran
SKI, namun modul yang ada masih berbasis KTSP dan belum berbasis Kurikulum
2013. Modul yang ada masih terdapat kekurangan diantaranya; tidak adanya
rangkuman materi, masih terdapat kesalahan pada penulisan kata dalam materi, tidak
terdapat glosarium, soal evaluasi terlalu sedikit, dan materi kurang medalam.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul Sejarah
Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013, mengetahui kelayakan pengembangan
modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013, dan juga bertujuan untuk
mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan modul Sejarah
Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013 pada materi Perkembangan Kebudayaan
Islam Dinasti Bani Umayyah.
Pengembangan dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan
(research and development) dengan langkah-langkah penelitian yang dilakukan
meliputi: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi
desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk.
Telah berhasil dikembangankan modul SKI berbasis kurikulum 2013 dengan
hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi “Sangat Baik” dengan persentase
perolehan skor 86,67 %, oleh ahli media “Sangat Baik” dengan persentase perolehan
skor 88,57 %, dan layak untuk digunakan serta dapat diujicobakan kepada peserta
didik dengan memperbaiki produk sesuai saran yang diberikan. Dan respon peserta
didik setelah menggunakan modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum
2013 menunjukkan persentase perolehan skor 87,1 % dengan kriteria “Sangat Baik”.
Saran dari penulis dalam penelitian ini ialah; pembelajaran menggunakan
modul sejarah kebudayaan Islam berbasis Kurikulum 2013 dapat dikembangkan oleh
guru secara berkelanjutan untuk materi yang berbeda. Dan pemanfaatan modul SKI
ini dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik tanpa bimbingan guru. apabila
peserta didik menemui kesulitan, guru dapat membimbing agar peserta didik mudah
memahami materi.</description><date>2018-11-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.radenintan.ac.id/4953/1/Skripsi%20Full.pdf</identifier><identifier> RAHAYUNINGSIH, GANIS (2018) PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DI MTS ISMARIA AL QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung. </identifier><recordID>4953</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File Journal:eJournal Journal |
author |
RAHAYUNINGSIH, GANIS |
title |
PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013
DI MTS ISMARIA AL QUR’ANIYYAH
BANDAR LAMPUNG |
publishDate |
2018 |
topic |
Pendidikan Agama islam |
url |
http://repository.radenintan.ac.id/4953/1/Skripsi%20Full.pdf http://repository.radenintan.ac.id/4953/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya penggunaan modul
pembelajaran SKI dan rendahnya minat serta motivasi peserta didik untuk membaca
modul pembelajaran. Hal ini disebabkan karena penyajian modul tidak dikemas
secara menarik dan materi yang disampaiakan kurang mendalam, sehinga peserta
didik tidak tergerak untuk membaca dan mempelajari modul tersebut. Di MTs
Ismaria Al-Qur’aniyah Bandar Lampung sudah terdapat modul dalam pembelajaran
SKI, namun modul yang ada masih berbasis KTSP dan belum berbasis Kurikulum
2013. Modul yang ada masih terdapat kekurangan diantaranya; tidak adanya
rangkuman materi, masih terdapat kesalahan pada penulisan kata dalam materi, tidak
terdapat glosarium, soal evaluasi terlalu sedikit, dan materi kurang medalam.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul Sejarah
Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013, mengetahui kelayakan pengembangan
modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013, dan juga bertujuan untuk
mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan modul Sejarah
Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013 pada materi Perkembangan Kebudayaan
Islam Dinasti Bani Umayyah.
Pengembangan dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan
(research and development) dengan langkah-langkah penelitian yang dilakukan
meliputi: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi
desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk.
Telah berhasil dikembangankan modul SKI berbasis kurikulum 2013 dengan
hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi “Sangat Baik” dengan persentase
perolehan skor 86,67 %, oleh ahli media “Sangat Baik” dengan persentase perolehan
skor 88,57 %, dan layak untuk digunakan serta dapat diujicobakan kepada peserta
didik dengan memperbaiki produk sesuai saran yang diberikan. Dan respon peserta
didik setelah menggunakan modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum
2013 menunjukkan persentase perolehan skor 87,1 % dengan kriteria “Sangat Baik”.
Saran dari penulis dalam penelitian ini ialah; pembelajaran menggunakan
modul sejarah kebudayaan Islam berbasis Kurikulum 2013 dapat dikembangkan oleh
guru secara berkelanjutan untuk materi yang berbeda. Dan pemanfaatan modul SKI
ini dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik tanpa bimbingan guru. apabila
peserta didik menemui kesulitan, guru dapat membimbing agar peserta didik mudah
memahami materi. |
id |
IOS398.4953 |
institution |
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
117 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung |
library_id |
89 |
collection |
Repositori IAIN Raden Intan Lampung |
repository_id |
398 |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
repoId |
IOS398 |
first_indexed |
2018-11-16T16:08:23Z |
last_indexed |
2020-01-16T05:57:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1800730633250537472 |
score |
16.845257 |