PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DI MTS ISMARIA AL QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG

Main Author: RAHAYUNINGSIH, GANIS
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4953/1/Skripsi%20Full.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4953/
ctrlnum 4953
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.radenintan.ac.id/4953/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN SEJARAH&#xD; KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013&#xD; DI MTS ISMARIA AL QUR&#x2019;ANIYYAH&#xD; BANDAR LAMPUNG</title><creator>RAHAYUNINGSIH, GANIS</creator><subject>Pendidikan Agama islam</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya penggunaan modul&#xD; pembelajaran SKI dan rendahnya minat serta motivasi peserta didik untuk membaca&#xD; modul pembelajaran. Hal ini disebabkan karena penyajian modul tidak dikemas&#xD; secara menarik dan materi yang disampaiakan kurang mendalam, sehinga peserta&#xD; didik tidak tergerak untuk membaca dan mempelajari modul tersebut. Di MTs&#xD; Ismaria Al-Qur&#x2019;aniyah Bandar Lampung sudah terdapat modul dalam pembelajaran&#xD; SKI, namun modul yang ada masih berbasis KTSP dan belum berbasis Kurikulum&#xD; 2013. Modul yang ada masih terdapat kekurangan diantaranya; tidak adanya&#xD; rangkuman materi, masih terdapat kesalahan pada penulisan kata dalam materi, tidak&#xD; terdapat glosarium, soal evaluasi terlalu sedikit, dan materi kurang medalam.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul Sejarah&#xD; Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013, mengetahui kelayakan pengembangan&#xD; modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013, dan juga bertujuan untuk&#xD; mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan modul Sejarah&#xD; Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013 pada materi Perkembangan Kebudayaan&#xD; Islam Dinasti Bani Umayyah.&#xD; Pengembangan dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan&#xD; (research and development) dengan langkah-langkah penelitian yang dilakukan&#xD; meliputi: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi&#xD; desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk.&#xD; Telah berhasil dikembangankan modul SKI berbasis kurikulum 2013 dengan&#xD; hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi &#x201C;Sangat Baik&#x201D; dengan persentase&#xD; perolehan skor 86,67 %, oleh ahli media &#x201C;Sangat Baik&#x201D; dengan persentase perolehan&#xD; skor 88,57 %, dan layak untuk digunakan serta dapat diujicobakan kepada peserta&#xD; didik dengan memperbaiki produk sesuai saran yang diberikan. Dan respon peserta&#xD; didik setelah menggunakan modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum&#xD; 2013 menunjukkan persentase perolehan skor 87,1 % dengan kriteria &#x201C;Sangat Baik&#x201D;.&#xD; Saran dari penulis dalam penelitian ini ialah; pembelajaran menggunakan&#xD; modul sejarah kebudayaan Islam berbasis Kurikulum 2013 dapat dikembangkan oleh&#xD; guru secara berkelanjutan untuk materi yang berbeda. Dan pemanfaatan modul SKI&#xD; ini dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik tanpa bimbingan guru. apabila&#xD; peserta didik menemui kesulitan, guru dapat membimbing agar peserta didik mudah&#xD; memahami materi.</description><date>2018-11-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.radenintan.ac.id/4953/1/Skripsi%20Full.pdf</identifier><identifier> RAHAYUNINGSIH, GANIS (2018) PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DI MTS ISMARIA AL QUR&#x2019;ANIYYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung. </identifier><recordID>4953</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
Journal
author RAHAYUNINGSIH, GANIS
title PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DI MTS ISMARIA AL QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG
publishDate 2018
topic Pendidikan Agama islam
url http://repository.radenintan.ac.id/4953/1/Skripsi%20Full.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4953/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya penggunaan modul pembelajaran SKI dan rendahnya minat serta motivasi peserta didik untuk membaca modul pembelajaran. Hal ini disebabkan karena penyajian modul tidak dikemas secara menarik dan materi yang disampaiakan kurang mendalam, sehinga peserta didik tidak tergerak untuk membaca dan mempelajari modul tersebut. Di MTs Ismaria Al-Qur’aniyah Bandar Lampung sudah terdapat modul dalam pembelajaran SKI, namun modul yang ada masih berbasis KTSP dan belum berbasis Kurikulum 2013. Modul yang ada masih terdapat kekurangan diantaranya; tidak adanya rangkuman materi, masih terdapat kesalahan pada penulisan kata dalam materi, tidak terdapat glosarium, soal evaluasi terlalu sedikit, dan materi kurang medalam. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013, mengetahui kelayakan pengembangan modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013, dan juga bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013 pada materi Perkembangan Kebudayaan Islam Dinasti Bani Umayyah. Pengembangan dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan langkah-langkah penelitian yang dilakukan meliputi: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Telah berhasil dikembangankan modul SKI berbasis kurikulum 2013 dengan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi “Sangat Baik” dengan persentase perolehan skor 86,67 %, oleh ahli media “Sangat Baik” dengan persentase perolehan skor 88,57 %, dan layak untuk digunakan serta dapat diujicobakan kepada peserta didik dengan memperbaiki produk sesuai saran yang diberikan. Dan respon peserta didik setelah menggunakan modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kurikulum 2013 menunjukkan persentase perolehan skor 87,1 % dengan kriteria “Sangat Baik”. Saran dari penulis dalam penelitian ini ialah; pembelajaran menggunakan modul sejarah kebudayaan Islam berbasis Kurikulum 2013 dapat dikembangkan oleh guru secara berkelanjutan untuk materi yang berbeda. Dan pemanfaatan modul SKI ini dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik tanpa bimbingan guru. apabila peserta didik menemui kesulitan, guru dapat membimbing agar peserta didik mudah memahami materi.
id IOS398.4953
institution Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 117
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung
library_id 89
collection Repositori IAIN Raden Intan Lampung
repository_id 398
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS398
first_indexed 2018-11-16T16:08:23Z
last_indexed 2020-01-16T05:57:02Z
recordtype dc
_version_ 1800730633250537472
score 16.845257