PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MEWUJUDKAN PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MA’ARIF 1 SEMAKA KABUPATEN TANGGAMUS
Main Author: | MEGAWATI, MAYA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/4943/1/MAYA%20MEGAWATI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/4943/ |
Daftar Isi:
- Tenaga kependidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam pembentukan pengetahuan, ketrampilan, dan karakter peserta didik. Oleh karena itu tenaga kependidikan yang professional akan melaksanakan tugasnya secara professional sehingga menghasilkan tamatan yang lebih bermutu. Menjadi tenaga kependidikan yang profesional tidak akan terwujud begitu saja tanpa adanya upaya untuk meningkatkannya, adapun salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan pengembangan profesionalisme ini membutuhkan dukungan dari pihak yang mempunyai peran penting dalam hal ini adalah kepala sekolah sebagai supervisor, dimana kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan. Adapun rumusan masalah yang peneliti rumuskan adalah 1. Bagaimana Peran Kepala Sekolah sebagai supervisor dalam mewujudkan profesionalisme guru PAI di SMK Ma’Arif 1 Semaka Kabupaten Tanggamus ?, 2. Apa saja strategi dan upaya yang dilakukan kepala sekolah sebagai pemimpin dalam mewujudkan profesionalisme guru PAI di SMK Ma’Arif 1 Semaka Kabupaten Tanggamus ?, dan 3. Apa saja faktor yang mempengaruhi peran kepala sebagai supervisor sekolah dalam mewujudkan profesionalisme guru PAI di SMK Ma’Arif 1 Semaka Kabupaten Tanggamus ? Jenis penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (field research) dengan metode analisa deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan uji keabsahan data tringulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Peran Kepala Sekolah sebagai supervisi dalam mewujudkan profesionalisme guru PAI di SMK Ma’Arif 1 Semaka Kabupaten Tanggamus dengan melakukan program-program yang mendukung terwujudnya profesionalisme guru seperti melakukan bimbingan bagi guru dalam hal : model pembelajaran, mencari kesulitan guru dan menyelesaikannya, meningkatkan mutu pendidik, membina pengelolaan kelas, mengorganisasikan guruguru serta melakukan evaluasi. Strategi dan upaya yang dilakukan kepala sekolah sebagai pemimpin dalam mewujudkan profesionalisme guru PAI di SMK Ma’Arif 1 Semaka Kabupaten Tanggamus dengan melakukan pengawasan, observasi kelas, pengamatan serta proses pembinaan. Adapun faktor yang mempengaruhi peran kepala sebagai supervisi sekolah dalam mewujudkan profesionalisme guru PAI di SMK Ma’Arif 1 Semaka Kabupaten Tanggamus seperti sarana dan prasarana yang belum terpenuhi secara keseluruhan, rasa sungkan dan enggan terhadap guru-guru serta staff karyawan yang lebih senior serta kondisi finansial sekolah yang masih terbatas.