IMPLEMENTASI BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PADA ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI BANDAR LAMPUNG
Main Author: | Wijaya, Rina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/4881/1/SKRIPSI%20RINA.pdf http://repository.radenintan.ac.id/4881/ |
Daftar Isi:
- Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk memahami dan berinteraksi secara efektif dengan orang lain. Anak usia dini harus dilatih kemampuan kecerdasan interpersonalnya, karena kecerdasan interpersonal pada anak, akan pandai mengatasi konflik dan tertanam kemampuan menjadi pemimpin. Kegiatan bermain peran anak dapat mengekspresikan imajinasinya secara langsung, melalui arahan dan contoh peran atau tokoh yang mereka perankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK PGRI Bandar Lampung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriftip kualitatif dengan subjek guru dan peserta didik di kelas B usia 5-6 tahun di TK PGRI Bandar Lampung. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan, bahwa implementasi bermain peran belum optimal karena dari 5 langkah penerapan bermain peran, dilangkah yang ke 4 guru tidak menerapkan evaluasi kepada anak setelah kegiatan bermain peran, dikarenakan terbatasnya waktu, akibatnya kecerdasan interpersonal tidak optimal