MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN BOWLING DI TAMAN KANAK-KANAK GOEMERLANG KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMP

Main Author: RAHAYU, MUGI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4880/1/Skripsi%20Full.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4880/
Daftar Isi:
  • Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang lebih menekankan pada potensi intelektual manusia. Sedangkan permainan bowling adalah permainan yang dimainkan dengan menggelindingkan bola dengan menggunakan tangan kearah pin yang berjumlah sepuluh buah yang telah disusun menjadi bentuk segitiga jika dilihat dari atas pin dijatuhkan dalam sekali gelinding atau lemparan, untuk menentukan perhitungan angka yang didapat dari jumlah pin yang jatuh.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui permainan bowling di Taman Kanak-kanak Goemerlang Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif melibatkan satu orang guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif melalui permainan bowling adalah sebagai berikut: (i) Menyediakan Media atau bahan yang menarik perhatian anak (ii) Mengatur posisi anak (iii) menjelaskan dan mencontohkan cara bermain bowling (iv) memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain bowling. Dari ke empat langkah tersebut dapat disimpulkan bahwa guru sudah menerapkan langkah-langkah permainan bowling dengan baik dalam mengembangkan kemampuan kog