SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL SANTRI (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL-FALAH GUNUNG KASIH KECAMATAN PUGUNG KABUPATEN TANGGAMUS)

Main Author: Hidayatulloh, Sukron
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4856/1/SUKRON%20HIDAYATULLOH.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4856/
Daftar Isi:
  • Pandangan progresif pembangunan bangsa Indonesia di era-globalisasi diarahkan pada perwujudan manusia yang berkualitas, dan itu menjadi salah satu tanggung jawab pendidikan terutama dalam mempersiapkan peserta didik menjadi subyek yang makin berperan menampilkan keunggulan dirinya yang tangguh, kreatif, mandiri dan profesional pada bidangnya masing-masing. Idealnya orang yang mengenyam pendidikan baik sekolah formal maupun non formal setidaknya mempunyai keterampilan tentang kehidupan yang dihadapinya terutama dalam dunia kerja. Nyatanya masih banyak pengangguran dikalangan terdidik baik yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan formal maupun non formal yang masih belum terpakai, serta masih adanya keraguan di dunia kerja tentang output yang dikeluarkan pesantren. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang “Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Life Skills Santri (Studi kasus pondok pesantren Al-Falah Gunung Kasih Tanggamus)” Yang menjadi fokus penelitan ini adalah : Bagaimana system pendidikan di Pondok Pesantren Al-Falah dalam meningkatkan life skills santri. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Falah Tanggamus dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui: (1) Interview/Wawancara; (2) Observasi; dan (3) Studi Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Pondok Pesantren Al-Falah mengelola pendidikannya dengan cara menciptakan model pendidikan modern yang terintegrasi pada sistem pengajaran klasik dan materi kitab-kitab kuning. Tetapi semua sistem pendidikan mulai dari teknik pengajaran, materi pelajaran, sarana dan prasarananya didesain berdasarkan sistem pendidikan modern. Ada beberapa bidang pengelolaan pondok pesantren yang digunakan untuk meningkatkan life skills santri yakni melalui Madrasah Diniyah, Pengajian rutin, organisasi, kurikulum, sarana prasarana dan pembinaan life skills. Saran Untuk Pesantren: hendaknya segera mengintegrasikan programprogram yang dipersiapkan pesantren meningkatkan life skills santri. Untuk Santri: hendaknya mengikuti semua program yang telah disadiakan oleh Pondok Pesantren Al-Falah dan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh pondok pesantren dengan baik dan benar.