PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: Sulistiawati, S
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4830/1/skripsi.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4830/
Daftar Isi:
  • Keyakinan diri peserta didik kelas VIII SMPN 19 Bandar Lampung masih rendah. Terdapat 8 peserta didik yang memiliki keyakinan diri rendah. Delapan peserta didik tersebut dibimbing oleh guru bimbingan dan konseling melalui layanan bimbingan kelompok. Permasalahannya adalah bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keyakinan diri peserta didik dalam belajar? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Peran Guru BK dalam meningkatkan efikasi diri peserta didik dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif, yaitu suatu penelitian lapangan dengan tujuan mendeskripsikan (memaparkan) fenomena-fenomena yang ditemukan dilapangan berupa kata-kata tertulis dari orang-orang yang telah ditentukan sebelumnya. Jenis laporan penelitian model ini berisi kutipan-kutipan data dalam bentuk narasi. Data dan informasi yang berbentuk narasi tersebut berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan dilakukan triangulasi sumber sebagai keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pertama, peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keyakinan diri peserta didik menggunakan layanan bimbingan kelompok. Dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yaitu: (1)guru bk melakukan assesment, berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait. (2) menyiapkan program berupa RPL, sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Kedua, melalui bimbingan kelompok guru bk mampu memperbaiki perilaku tidak yakin akan kemampuan diri sendiri menjadi yakin dengan kemampuan yang dimiliki.