PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: Fitriani, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4806/1/SRI%20FITRIANI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4806/
Daftar Isi:
  • Minat belajar merupakan perasaan suka atau senang dalam belajar tanpa dorongan atau paksaan dari pihak lain dan selalu memperhatikan saat pelajaran berlangsung, mempunyai ketertarikan dalam belajar, peserta didik selalu mengulang pelajaran yang sudah disampaikan, aktif dalam kegiatan belajar. Namun kenyataan yang terjadi di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung ada sebagian peserta didik kelas VIII yang memiliki minat belajar rendah sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan minat belajar melalui bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik possitive reinforcement untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalent Control Group Design. Pada dua kelompok tersebut, sama-sama dilakukan pre-test dan post-test dalam penelitian ini fokus memperoleh data dan gambaran di lapangan tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik possitive reinforcement untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, sedangkan teknik pegumpulan data yang penulis gunakan yaitu angket minat belajar. Hasil perhitungan pengujian diperoleh hasil thitung3.066 pada derajat kebebasan (df) 22 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 1,138, maka thitung ≥ ttabel (3.066 ≥ 1,138) atau nilai sign.(2tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0,002 ≤ 0,005), ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, selain itu didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperiment lebih besar dari kelompok kontrol (87.33 ≥ 50.50). Hal tersebut membuktikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik possitive reinforcement untuk meningkatkan minat belajar kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Possitive Reinforcement, Minat Belajar