PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DINIYYAH PUTRI LAMPUNG

Main Author: Lestary, Renny
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4769/1/RENY.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4769/
Daftar Isi:
  • Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada Muhammad SAW MI adalah sekolah yang sederajat dengan SD dibawah naungan Kementerian Agama yang ikut bertanggung jawab dalam mengajarkan peserta didik dengan sumber ajaran islam, yaitu al-Qur’an dan hadits. Mata pelajaran yang harus dikuasasi tingkat MI sama dengan peserta didik SD hanya di MI Pelajaran Agama Islam lebih dispesifikasi, yaitu Qur’an dan hadits, fiqh, bahasa arab, aqidah akhlaq, yang mengharuskan peserta didik membaca dan menulis al- Qur’an dengan baik. Kondisi peserta didik di MI Diniyyah Putri lampung dalam membaca dan menulis al-Qur’an belum maksimal beberapa peserta didik telah dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar namun masih ada peserta didik hanya bisa membaca al-Qur’an tanpa mengetahui hukum tajwid, belum dapat membedakan makharaijul huruf, penyebabnya adalah kurang adanya control dan campur tangan orang tua khususnya mengaji. Bagaimana pesrtai didik mempelajari Qur’an hadits dengan baik jika membaca al-Qur’an belum dikuasai. Pada kenyataannya guru di MI Diniyyah Putri lampung telah dapat membaca al- Qur’an dengan benar baik itu Makharijul huruf, dan tajwid seharusnya keadaan ini dapat menumbuhkan minat peserta didik di MI Diniyyah Putri Lampung dalam membaca al-Qur’an. Rumusan masalah penelitian adalah: 1) Bagaimana peran guru dan orang tua dalam menumbuhkan minat membaca al-Qur’an pada peserta didik di MI Diniyyah Putri lampung.