IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: Pratiwi, Essy
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4534/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4534/
Daftar Isi:
  • Kepercayaan diri (self confidence) adalah sikap positif seorang individu yang memapukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Namun kenyataan yang terjadi di SMA Negeri 7 Bandar Lampung terdapat peserta didik kelas X yang memiliki masalah percaya diri, seperti: takut menghadapi ulangan, minder, tidak berani bertanya dan menyatakan pendapat, gerogi saat tampil di depan kelas, sering mencontek pada saat menghadapi tes, mudah cemas dalam menghadapi berbagai situasi, dan timbulnya rasa malu yang berlebihan. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan rasa percaya diri dengan menggunakan bimbingan dan konseling kelompok dengan teknik assertive training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Bimbingan dan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training dalam Meningkatkan Self Confidence Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data-data mengenai implementasi layanan konseling kelompok menggunakan teknik assertive training yang dilaksanakaan oleh Guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 7 Bandar Lampung dalam meningkatkan self confidence peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Bimbingan dan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training berperan penting dalam Meningkatkan Self Confidence peserta didik kelas X IPA 4 di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Assertive Training, Self Confidence