EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 30 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Nur, Hasanah
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4518/1/Skripsi%20Full.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4518/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami motivasi belajar rendah yang terjadi di kelas VIII SMP Negeri 30 Bandar Lampung, sehingga perlu dilakukan penelitian dengan judul efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik modeling. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 30 Bandar Lampung yang memiliki motivasi belajar dalam kategori rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan skala motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai N-gain kelompok eksperimen dengan rata-rata 0,69 dan diperoleh nilai N-gain pada kelompok kontrol dengan ratarata 0,33. Hal ini menunjukkan bahwa nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol (0,69 > 0,33). Hasil data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji wilcoxon, diperoleh signifikansi 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya efektifitas layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik modeling dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 30 Bandar Lampung. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling, Motivasi Belajar