PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | Fatriansyah, Rahmat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/4410/1/SKRIPSI%20PATRIYANSYAH.pdf http://repository.radenintan.ac.id/4410/ |
Daftar Isi:
- Percaya diri adalah sikap positif seseorang untuk meyakini terhadap segala aspek-aspek kelebihan dalam dirinya, merasa mampu untuk melakukan sesuatu, memiliki penilaian positif terhadap dirinya ataupun situasi yang dihadapinya, serta memiliki rasa optimis dalam mencapai tujuan hidupnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah pelaksanaan layanan Konseling kelompok dengan teknik assertive training dapat meningkatkan percaya diri peserta didik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode yaitu kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknik analisis data terdiri atas sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini terdapat 6 (enam) peserta didik kelas VIII SMP N 9 Bandar Lampung yang memiliki sebelumnya memiliki percaya diri yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dalam meningkatkan percaya diri peserta didik di SMP Negeri 9 Bandar Lampung terdapat langkah-langkah dalam melaksanakannya yaitu melakukan langkah pra tindakan, menyusun rencana dan menyiapkan tindakan yang akan dilakukan Proses pemberian layanan konseling assertive training berjalan secara efektif dimana pada hasil akhirnya dapat meningkatkan percaya diri pada peserta didik.